-->

Cara Menghilangkan Iklan di Android Paling Ampuh Dengan Mudah

Cara Menghilangkan Iklan di Android Paling Ampuh Dengan Mudah-yang akan saya share disini merupakan referensi dari beberapa teman sesama teknisi hp didaerah saya menurut pengalamannya masing masing. 

Dengan demikian trik yang akan saya bagikan bisa menjadi acuan untuk anda apabila android teman atau saudara kita megalami kejadian yang menjengkelkan ini, bisa kita selesaikan dengan trik yang akan saya bagikan ini. 

Bagaimana tidak menjengkelkan menurut saya pribadi, saat kita sedang asyik asyiknya browsing atau chat tiba tiba saja muncul pop-up iklan yang menghalangi layar android kita. 
Cara Menghilangkan Iklan di Android Paling Ampuh
Perlu diketahui bahwa Iklan pop-up yang muncul hanya saat handphone kita terhubung dengan internet saja, wajar bila kuota internet kita akan terkuras tanpa kita ketahui begitu juga menyebabkan baterai handphone menjadi boros.

Malware Atau bukan??

Iklan pop-up yang muncul pada android kita tidak sembarangan menampilkan iklan, sebab ia akan menampilkan iklan yang relevan dengan minat kita. Kok bisa begitu? Sebab sumber dari iklan pop up ini mencuri data-data, misalkan suka buka facebook di Opera, nanti pasti iklan pop up bakal berisi aplikasi facebook. 

Memang benar ini terjadi pada Hp xiaomi redmi note anak perempuan saya yang waktu itu saya beli online di Lazada. Memang saya kira dulu bahwa pop-up iklan yang selalu muncul pada layar android saat terkoneksi dengan internet adalah virus malware,hemm...Anda dapat menyimpulkan sendiri setelah membaca postingan artikel ini.

OS. Android

Android berasal dari Linux, kalau belum tahu si. Linux OS itu hampir tidak ada Virus karena dia punya sistem perijinan tersendiri. Bisa dibuktikan dengan keadaan bahwa lebih banyak Windows yang rusak OS.nya karena Virus ketimbang Linux. 

Mengenai Malware yang sering di kaitkan dengan iklan pop-up yang sering muncul, saya bisa jelaskan bahwa itu hanya Iklan. Entah iklan cerdas atau iklan menyebalkan, intinya semua pop-up yang muncul secara tiba-tiba itu ada asal yang jelas.

Bagaimana Iklan itu bisa muncul ?

Proses development Android sepenuhnya membutuhkan yang namanya "Permission" atau "Ijin" kalau diartikan. Perijinan pada aplikasi Android, itu letaknya di AndroidManifest.xml, posisinya ada di dalam setiap Apk. 

Iklan pop-up yang muncul, semuanya memiliki Ijin "SYSTEM_ALERT_WINDOW", dimana Ijin tersebut memperbolehkan suatu aplikasi untuk memunculkan "View/Tampilan" pada Window manapun. 

Selengkapnya baca di laman Android Developer Contohnya pada gambar:
developer
Disitu saya menulis contoh aplikasi Senter, yang bisa menampilkan tombol On/Off bebas dimanapun saya mau. Sama konsepnya dengan Pop-up, intinya dapat menampilkan bagian dari Aplikasi pada Windows. 

Baca juga: 5 Cara Paling Mudah Mengatasi Android Yang Lemot Buat Orang Gaptek Jadi Pinter

Apa ciri-ciri aplikasi beriklan pop-up ?
  1. Yaitu tadi, SYSTEM_ALERT_WINDOW 
  2. Ijin akses internet, INTERNET 
  3. Biasanya datanya bengkak ngga masuk akal, karena terus menerus mengunduh iklan dari internet tanpa sepengetahuan kita 
  4. Betah banget nongkrong di "Running Apps"
Coba lihat saja di Settings - Apps - Running Apps, kalau ada yang mencurigakan atau berbau Ads/Iklan, matikan saja atau paksa berhenti dari aplikasinya dan uninstall bila perlu.

Apa kiat kiat biar bisa tahu aplikasi mana yang pasang iklan pop-up?
  1. Cara tradisional yaitu uninstall satu satu lakukan sampai iklan hilang. Semisal usai uninstall aplikasi X, ternyata iklannya hilang, berarti X itu yang bawa iklan.> (Ribet) 
  2. Firewall, konsepnya sama seperti cara pertama, tetapi tidak perlu uninstall, cukup blok satu satu sampai iklannya lenyap. Misal aplikasi X diblok, eh iklannya lenyap! Blok saja seterusnya biar tidak bisa mendownload iklan.> (Simpel) 
  3. Lihat ijinnya, saya memakai aplikasi SD Maid Pro dari onhax buat melihat perijinan aplikasinya, hasilnya cukup memuaskan tinggal cari aplikasi yang ada ijin SYSTEM_ALLERT_WINDOW terus blok pake Firewall.> (Efektif)
Bagaimana caranya supaya iklan itu tidak muncul ?
  1. Bisa decompile-recompile, hapus Ijinnya dari AndroidManifest.xml atau edit file .smali yang berhubungan sama Iklan tersebut, tapi sangat beresiko karena tidak semua orang paham Dalvik Opcodes, termasuk saya. Salah edit aplikasinya bisa FC 
  2. Bisa pakai aplikasi PermissionRemover di playstore atau sejenisnya, tapi saya tidak bisa menjelaskan disini karena saya pakai solusi ketiga 
  3. Fitur AdBlock di LuckyPatcher, cari sendiri caranya. Intinya, LuckyPatcher bisa menonaktifkan Google Ads dan bisa mengubah isi file hosts di dalam sistem Android. Sistemnya mirip Firewall pada komputer 
  4. Firewall, banyak aplikasi firewall di Playstore. Salah satunya AfWall+, harus root. Aktifkan cuma untuk aplikasi yang penting saja misalkan BBM, WA, FB, IG. Lainnya di blok!
Cara terampuh

Bukannya mau menyusahkan, tapi bila memang anda tidak mau ribet,harus ngeRootlah,pasang lucky patcher atau bla bla. Flash adalah cara terampuh

Berdasarkan pengalaman pribadi juga yang waktu itu Xiaomi Redmi note anak saya tidak bisa saya recovery melalui cwm, ya sudah jalan terkahir adalah Instal ulang xiaominya dan makjleb!

Sekian, jika ada pertanyaan, saya jawab semampu pengetahuan saya.
Monggo di share sekiranya bermanfaat, mohon maaf kalau ada yang tersinggung..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel