-->

Analisa Perbaikan Layar Blank Putih Pada Hp Android

Analisa Perbaikan Layar Blank Putih Pada Hp Android-Selamat pagi menjelang siang buat para pembaca yang budiman dimanapun anda berada. Kali ini saya akan menulis tentang seputar masalah samrtphone android, yang bertemakan layar lcd hnadphone android mengalami kerusakan blank putih.

Kasus blank putih pada layar hp android ataupun smartphone lainnya bukanlah masalah yang ringan, dari beberapa masalah kerusakan blank putih pada layar ponsel 99% bukanlah dikarenakan oleh software dari OS yang anda gunakan,melainkan memang dari hardware LCDnya. 

Bukan tidak ada,tapi memang jarang sekali kasus layar blank putih itu disebabkan karena faktor dari softwarenya. Bukan tidak mungkin bila yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada layar LCD disebabkan oleh penggunanya sendiri.
Analisa Perbaikan Layar Blank Putih Pada Hp Android
Seperti misalnya handphone android kita jatuh, namun tidak serta merta handphone kita langsung blank putih. Ada yang beberapa hari atau beberapa minggu kemudian baru terkena dampaknya (Blank putih).

Masalah kerusakan layar LCD blank putih bukan hanya terjadi pada ponsel android jaman sekarang. Semenjak dulu dari mulai handphone Cliring, Symbian sampai iPhone sudah menjadi penyakit umum pada ponsel.

Baca juga: Update Cara Memperbaiki Layar Sentuh Hp Sebagian Tidak Berfungsi Hanya Dengan Korek Api

Pada LCD Laptop sampai Televisi pun sudah menjadi penyakit yang lumrah bila terkena blank putih. Hanya saja berbeda beda setiap analisa dan perbaikannya. Namun dari semua barang elektro terutama yang berhubungan dengan LCD, tidak jauh jauh faktor yang mengakibatkan blank putih adalah pada jalur LCD yang putus.

Untuk lebih lengkapnya, apa dan bagaimana cara mengatasi kerusakan ponsel yang mengalami layar LCD blank putih, mari kita simak ulasan yang akan saya tuliskan untuk anda.

Tahap Pertama Menganalisa Kerusakan Layar Blank Putih

Tentu kita akan memulai dulu analisa kerusakan ponsel android yang mengalami layar LCD blank putih dengan cara melakukan panggilan (Missed Call) menggunakan ponsel lainnya yang ditujukan ke nomor handphone yang mengalami blank putih pada layarnya.

Apabila terdengar bunyi nada panggilan dari ponsel android yang mengalami blank putih, maka sudah dapat dipastikan bahwa sumber kerusakan blank putih adalah dari LCD ponsel tersebut.

Disini kita contohkan dengan penemuan yang menyebabkan layar blank putih adalah dari LCD ponsel itu sendiri. Bila masih belum yakin, ada cara lain untuk mendeteksi kerusakan layar blank putih pada android dengan cara masuk ke menu Recovery.

Apabila pada mode recovery, layar LCD menampilkan gambar secara normal, berarti kerusakan layar blank putih pada handphone android disebabkan oleh sistem atau software. 

Tapi seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa kasus kerusakan layar ponsel mengalami blank putih jarang sekali disebabkan oleh Software.

Tes dengan Charger

Sebelumnya kita telusuri dulu apa yang menyebabkan tiba tiba ponsel kita mengalami blank putih. apakah karena jatuh atau benturan pada benda keras. Atau karena terlalu sering keluar masuk kantong saku celana jeans kita. 

Bisa saja dengan keluar masuk saku celana kita ponsel yang kita gunakan mengalami blank putih karena terlalu sering tertekan didalam saku celana kita, apa lagi celana yang berbahan jeans.

Yang kedua coba anda lepas baterainya kemudian pasang kembali lalu hidupkan ponsel seperti biasanya apakah dapat normal kembali atau belum. 

Bila belum normal kita tes dengan cara mengecas ponsel tersebut dalam keadaan ponsel mati. Ini bertujuan agar kita tahu bahwa penyebab layar ponsel kita blank putih adalah disebabkan karena softwarenya atau OS(Operasi System)yang kita gunakan mengalami Corupt/rusak pada system.

Lihat pada layar ponsel kita, apakah saat ponsel kita charger ada notifikasi gambar baterai yang sedang terisi. Bila memang ada tanda baterai mengisi, kerusakan layar blank putih berarti disebabkan oleh Softwarenya. 

Bila dengan cara diatas masih belum membuahkan hasil, kita lanjut ke tahap selanjutnya yang lebih ekstreme lagi. 

Baca juga: Trik Memperbaiki Gagal Flash Semua Sony Xperia Via Online

Lepas Pasang Socket LCD Ponsel

Belajar dari pengalaman memperbaiki handphone Nokia pada waktu itu, dengan dengan hanya melepas socket lcdnya, kemudian memasangnya kembali, banyak sudah yang membuahkan hasil memuaskan. 

Yaitu dimulai dengan membongkar hp kita menggunakan obeng khusus yang bisa anda dapatkan di toko ponsel yang menyediakan Accesories hp.

Lepaskan semua baut yang menempel pada cassing belakang smartphone androidnya dengan sangat hati hati sekali. Lepas Socket LCD dari konektor pada PCB ponsel dan jangan lupa setelah socketnya kita lepas,bersihkan dulu konektor LCDnya dan juga socket lcd yang kita lepas tadi. 

Gunakan sikat gigi yang halus agar dapat membersihkan kotoran dari konektor LCD maupun socket LCD. Bila perlu gunakan Alkohol untuk membersihkan konektor LCDnya lalu keringkan sampai benar benar kering.

Lalu cobalah pasangkan kembali apakah sudah tidak blank putih alias normal. Tapi jangan dulu dipacking cassingnya semuanya karena masih ada tahap selanjutnya apabila ponsel kita masih mengalami blank putih.

Perbaikan LCD Ponsel

Bila anda memang sudah paham komponen komponen elektronika,anda bisa membongkar lcd ponsel yang anda gunakan,kemudian cek pada kapasitor kapasitor yang terdapat pada panel lcd hp tersebut menggunakan avometer.

Cobalah ganti kapasitor yang menurut anda telah rusak dengan kapasitor yang baru atau masih normal dengan mengambil kapasitor pada komponen hp lain. 

Dulu saya pernah melakukan cara demikian pada Tablet cina yang memang kapasitornya sudah hitam pekat dan setelah saya cek memang berkurang nilai efesiensinya. 

Bila anda sudah melakukan cara diatas cobalah sambungkan kembali panel lcd ke PCB hp yang kita lepas,lalu coba hidupkan dengan menekan tombol power apakah sudah normal atau masih blank putih. Bila tetap tidak berhasil Jalan terakhir adalah ganti LCD hp tersebut.
Tips : Saat membeli LCd hp yang rusak,cobalah untuk sekalian tes ditoko sparepartnya menggunakan hp yang rusak tersebut,agar anda tidak rugi waktu. Bila kita tidak tes langsung di toko sparepart,saat tiba dirumah ternyata layar masih blank putih "Ruginya tuh disini!"
Baca juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Cashtree diHp android

Demikian Tips tentang Analisa Perbaikan Layar Blank Putih Pada Hp Android yang mungkin akan berguna untuk anda yang yang sedang mengalami masalah tersebut.

Terima kasih saya ucapkan buat yang sudah sudi berkenan mengunjungi blog yang sangat sederhana sekali ini. Dengan adanya blog ini semoga apa yang telah saya dapatkan selama study dengan otodidak, dapat saya salurkan dan menjadi sesuatu yang bermanfaat buat orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel