-->

Cara Dowgrade Dari Windows 10 Ke 8.1 | Asus T100 Transformer

Cara Dowgrade Dari Windows 10 Ke 8.1 Asus T100 Chi - Akhirnya berhasil juga…Itulah kalimat terakhir dalam hati saya setelah mengalami kesulitan downgrade di Asus Transformer T100 chi. 

Kita bisa saja dengan mudah downgrade dari windows 10 ke windows 8.1 seperti yang pernah saya posting pada artikel tentang cara downgrade dari windows 10 ke windows 8/7 kalau saja masih tersimpan Windows old didalam drivenya.                                                

Dikarenakan Windows 10 sendiri mempunyai fitur Roll back pada aplikasi setting yang disediakan oleh Microsoft untuk memudahkan user atau pengguna bilamana kita bosan atau kurang puas dengan windows 10. 
                              Cara-Dowgrade-Dari-Windows-10-Ke-8.1-Asus-T100-Transformer
Kita bisa dengan sekali klik untuk kembali ke operasi system sebelumnya yang pernah kita gunakan, entah itu windows 7 ataupun windows 8.

Caranya kita masuk ke setting atau klik pada keyboard dengan kombinasi WIN+I . Setelah itu buka Update & security dan klik Recovery

Di menu tersebut kita pilih Go back to windows 8.1 atau windows 7 tergantung pada operasi system windows yang dulu pernah digunakan sebelumnya. 

Asalkan anda mengupgrade lebih dari satu bulan anda bisa mengupgrade lagi windows 10 itu nantinya. Tapi yang saya alami ini sudah tidak bisa lagi,karena windows oldnya telah terhapus. 

Ada banyak website yang kasih tutorial tentang cara downgrade dari windows 10 ke windows 8.1 untuk asus t100 chi ini. 

Namun dari semua situs tersebut sudah saya lakukan tutorial tutorialnya tapi tidak ada satupun yang berhasil, mungkin karena kebodohan saya sendiri kali.

Baca juga: Cara Membagi Koneksi Internet ke Komputer/Laptop Lain

Spesifikasi Asus Transformer T100 Chi

Bawaan OS dari Tablet Asus T100 chi ini sendiri adalah Windows 8.1 kemudian oleh user diupgrade ke windows 10, tapi pengen balik lagi ke windows 8.1. 

Awalnya sih pengen ke windows 7 aja tapi saya cek di Website Asus sendiri itu tidak menyediakan Driver untuk Os win 7. Jadi hanya compatible dengan Windows 10 64bit/windows 10 32bit dan windows 8.1 32bit. 

Untuk Specifikasi Asus T100 chi yang saya garap ini saya rasa memang cukup mumpuni di kelasnya. Berikut adalah review dari asus t100 chi 10.1 “128gb transformer tablet-black:

Specifications:
- Model Name: T100CHI-FG010B
- On board processor: Intel Quad-Core Atom Bay Trail-T, Z3775 Processer (2M Cache, 1.46 GHz, up to 2.39 GHz)
- Operating System: Windows 8.1 (32bit) - with Bing for Tablet (AFO)
- On board memory: 2GB
- Total System Memory: 2GB
- EMMC/ISSD: 128G EMMC

Display
- 10.1"
- LED Back-lit
- Ultra Slim/B 250nits
- WUXGA 1920x1200 16:10
- Glare
- NTSC:50%
- Touch
- WV

- External video display modes: HDMI 1.4
- Discrete/Share: Share
- IGPU: Intel HD Graphics Gen7
- Video Camera: HD web camera + 5 Mega Pixel rear camera with Auto Focus
- Wireless: 802.11agn + Bluetooth 4.0 (Dual band)

Card Reader
- Type: Micro SD
- Spec: SDXC

USB Port
- 1x Micro USB2.0
- 1x Micro USB3.0

Interface
- 1x Headphone-out & Audio-in Combo Jack
- 1x micro HDMI

Audio
- Built-in speaker
- Built-in array microphone

Syarat instalasi

Sebelum kita melangkah pada tahap downgrade dari windows 10 ke windows 8.1 Asus T100 Chi ini, persiapkan dahulu bahan bahan dan syarat sebagai bagian dasar untuk proses downgrade itu sendiri. 

1. Flashdisk 8gb

Untuk media instalernya bisa memakai Flashdisk dengan kapasitas 4gb atau lebih, kalau saya sarankan sih pakai yang 8gb atau 16gb sekalian agar lebih cukup ruang untuk penyimpanan lain seperti driver asus t100 chi ini saya sisipkan ke flashdisk. 

Biar lebih mudah untuk proses instalasinya dan tidak cabut pasang ke port usb asus t100 chi ini. Kenapa tidak memakai driver pack saja? Alasannya karena saya sudah mencoba memakai driver pack dan tidak berhasil! Touchscreen tidak berfungsi sound hilang dan banyak device device lain yang tidak support dengan asus t100 chi ini.

2. Kabel usb Otg

Kabel-OTG
Kabel usb Otg ini berfungsi untuk menghubungkan usb port Asus t100 chi ke usb port hub untuk flashdisk atau media lain.

3. USB 2.0 Hub Terminal
USB-Hub-Terminal
Di sini saya memakai yang 4 port mau lebih juga boleh sih terserah yang mau saja. 

4. Keyboard external usb
Keyboard-external-usb
Ini berfungsi sebagai pengganti keyboard bawaan dari asus t100 chi transformers. Karena saat posisi star up keyboard bawaan asus t100 chi ini tidak berfungsi sama sekali. 

Anda bisa baca Tips saya tentang cara memperbaiki keyboard asus t100 chi yang tidak berfungsi setelah install windows,downgrade maupun update.

Tahap Insatalasi

Di bagian ini yang harus di perhatikan baik baik bagaimana cara untuk instalasi asus t100 chi ini agar tidak mengalami kendala apapun yang tidak kita inginkan. 

1. Untuk media bootable USB flashdisk saya membuat bootable windows 8.1 menggunakan aplikasi Rufus karena akan saya akan install window 8.1 dengan format berpartisi GPT. Anda bisa baca pada tips saya yaitu tentang cara membuat bootable windows menggunakan rufus

2. Setelah berhasil membuat bootable windows 8.1, kita mulai dengan menghubungkan kabel Otg ke tablet asus t100 chi di teruskan dengan menyambung Terminal Hub 4 Port yang sudah kalian persiapkan tadi. Tancapkan usb keyboard dan flashdisk bootable windowsnya ke Terminal hub.

Baca juga: Cara aktivasi Windows 8.1 all edition permanet

3. Seperti judul di atas yaitu Cara downgrade windows 10 ke windows 8.1, maka kita langsung menuju ke Setting atau bisa dengan shortcut pada keyboard seperti yang saya tunjukan di atas dengan mengklik tombol keyboard dengan kombinasi WIN+I. Setelah itu buka Update & security dan pilih Recovery. Pilih pada Advanced star up dan klik Restart now!

4. Biarkan dulu sampai proses restart selesai, akan muncul layar biru dengan icon yang besar besar kemudian klik pada Troubleshoot. Kemudian Pada menu Advanced options pilih UEFI Firmware Settings. Tablet akan otomatis restart atau reboot dan masuk ke menu Bios.

5. Nah, di bios ini tombol keyboard Asus t100 chi ini tidak akan berfungsi sama sekali lho, makanya saya sarankan untuk menggunakan keyboard external . 
Kemudian didalam menu Bios kita pilih pada menu boot lalu ubah flasdisk kita menjadii boothing pertama. Yang lain tidak usah kita rubah sama sekali.

6. Berbeda dengan asus t100 yang lain di mana kita harus mendisable dulu fitur Secure Boot menu pada bios. Tapi di tablet asus transformer t100 chi yang saya install ini, itu tidak berlaku sama sekali.

7. Bila sudah melakukan petunjuk di atas jangan lupa untuk menyimpan settingan yang telah kita buat sebelumnya dengan mengklik tombol f10 pada keyboard external. Biarkan dulu sampai tablet menyala sendiri dan memulai proses install windows pertama muncul di layar seperti tampilan berikut ini muncul :
Install-Windows-8.1-Asus-T100-Chi
8. Kemudian lakukan proses instalasi windows 8.1 seperti halnya pada laptop atau computer yang lain seperti biasanya. Anda juga bisa mempartisi hardisk asus t100 chi ini seperti perangkat perangkat yang lain.

9. Sampai disini saya yakin anda sudah paham apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk meneruskan proses instalasi windows 8.1. Atau bila ada yang belum paham bagaimana cara instal windows 8.1, silahkan baca pada artikel >Cara Instal Windows 8/8.1 Terbaru 2021<

10. Done.

Demikian tadi artikel tentang bagaimana cara downgrade Windows 8.1 Asus T100 chi dari windows 10. Semoga apa yang saya posting kali ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang mengalami kesulitan bagaimana cara downgrade pada tablet Asus T100 chi ini.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih salam sejahtera selalu buat para pembaca yang budiman. Perlu diketahui juga, bahwa tutorial yang saya posting ini adalah berdasarkan apa yang saya alami. 

Jadi bila ada kesalahan atau kekeliruan pada tutorial di atas,anda terlebih dulu cek versi tablet asus yang satu ini dan samakan dengan asus t100 chi yang saya gambarkan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel